
Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat kinerja positif pada layanan angkutan retail. Selama periode Januari–Agustus 2025, volume angkutan retail KAI mencapai 163.381 ton, meningkat 13% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 144.250 ton.
Secara khusus, pada Agustus 2025 volume angkutan retail tembus 22.088 ton, menjadi capaian tertinggi kedua sepanjang tahun ini setelah Juli 2025 yang mencapai 23.442 ton.
“Pertumbuhan ini mencerminkan semakin kuatnya kepercayaan pelanggan terhadap layanan logistik berbasis kereta api, baik dari dunia usaha maupun masyarakat umum,” ujar Vice President Public Relations KAI, Anne Purba.
Model bisnis angkutan retail KAI pada dasarnya berbasis business to business (B2B) melalui kerja sama dengan mitra logistik resmi. Namun, layanan ini juga dapat diakses masyarakat umum melalui skema business to customer (B2C). Pelanggan dapat memanfaatkan jaringan mitra KAI seperti jasa ekspedisi, layanan e-commerce fulfillment, hingga pengiriman antarkota.
Kehadiran angkutan retail berbasis kereta api memberi pilihan distribusi yang lebih cepat, efisien, aman, dan ramah lingkungan. Moda transportasi berbasis rel menghasilkan emisi karbon lebih rendah dibandingkan angkutan jalan raya, sehingga mendukung target Net Zero Emission 2060 yang dicanangkan pemerintah.
Sumber dan berita selengkapnya:
https://www.antaranews.com/berita/5083849/kai-catat-pertumbuhan-angkutan-retail-capai-163-ribu-ton-dorong-efisiensi-logistik-nasional
Salam,
Divisi Informasi